photo hhhhhhhhiii_zps9dd37855.jpeg" />  photo hhdrhhdhdrhdh_zps2794a59b.jpeg" />  photo 565465645565_zps62adc85f.jpeg" />  photo 565465645565_zps62adc85f.jpeg" />  photo 565465645565_zps62adc85f.jpeg" />  photo 565465645565_zps62adc85f.jpeg" />  photo 565465645565_zps62adc85f.jpeg" />  photo 565465645565_zps62adc85f.jpeg" />  photo 565465645565_zps62adc85f.jpeg" />  photo 565465645565_zps62adc85f.jpeg" />  photo 565465645565_zps62adc85f.jpeg" />  photo 565465645565_zps62adc85f.jpeg" />
Home » » Ajaran Marxisme dan Komunisme

Ajaran Marxisme dan Komunisme


BAB I
(mengenal maxisme)


Sebelum saya memasuki kedalam pokok masalah, saya ingin menyampaikan lebih dulu bahwa pembahsan yang ada dalam makalah ini tidak sepenuhnya terfokus pada “marxisme”, akan tetapi titik pembahasannya lebih mengarah kepada ajaran dan pemikiran Marx dalam membela kaum proletar untuk menumpas system kaum borjuis-kapitalis yang telah mengakar didua Negara digdaya kala itu, Prancis dan Inggris. Pada dasarnya judul makalah yang di embankan pada saya adalah “marxisme” tetapi setelah saya membaca beberapa buku dan saya menimbang-nimbang bahwa untuk membahas tentang marxisme dengan segenap ajaran dan ideologinya, terus terang, agak rumit untuk dibahas karna susah saya pahami. Marxisme memiliki ikatan yang erat antara pemikiran Karl Marx dan komunisme, bahkan marxisme menjadi jembatan yang menghubungkan antara pemikiran/ajaran Marx dengan komunisme. Dengan demikian, Untuk menguasai marxisme juga harus bisa memahami ajaran Marx dan paham-paham komunis, maka dari itulah sulit dipahami.  Marxisme itu merupakan pembakuan terhadap segenap ajaran dan pemikiran Karl Marx tentang konsep sosialis-komunis, akan tetapi konteks perjalannya, “marxisme” itu terbagi kedalam dua periode, yaitu periode marxisme klasik dan marxisme modern. Pada periode klasik, titik ajaran marxisme lebih mengarah terhadap ajaran-ajaran sosialisme Marx dalam menumbangkan system kapitalisme, sedangkan pada periode modern, ajaran marxisme lebih mengarah terhadap system politik, ekonomi dan ideology komunis yang dirintis oleh Vladimir Ilyik Lenin sebagai lawan dari kapitalisme moderen yang dipimpin oleh Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya di eropa barat seperti Inggris dan Prancis.
Bertolak dari itu semua, saya berfikir bahwa ruang objek pembahasannya harus diperkecilkan. Dan setelah dipikir-pikir, saya mengambil kesimpulan untuk membahas “marxisme” dengan judul kecilnya “Penggagas teori sosial-politik Karl Marx”. Mengapa teori sosial-politik Karl Marx yang di ambil, karna teori sosial-politik Marx adalah bagian dari marxisme, dan bahkan marxisme itu sendiri pada dasarnya adalah usaha mengabadikan ajaran-ajaran Marx yang dilakukan oleh teman dekatnya, Engels.
Karl marx yang dikenal sebagai sosok pemikir barat yang lahir pada tahun 1818 adalah keturunan Yahudi penganut christianity akan tetapi pada akhirnya menganut paham atheis (tidak bertuhan), yang dikarenakan faktor keluarga dan pergolakan sosial yang terjadi pada masa itu. Marx merupakan seorang penganut paham Hegelianisme. Ini berawal ketika Marx hijrah ke Berlin dan mulai menekuni pendidikan filsafat. Filsafat di Berlin kala itu sangat dipengaruhi oleh filsafat Hegel.
Marx merupakan perintis Marxisme, maksudnya adalah ajaran-ajaran yang ada dalam marxisme adalah pembakuan terhadap ajrannya Marx yang dilakukann oleh temannya  Friedik Engels (1820-18938) dan oleh tokoh teori marxis Karl Kautsky (1854-1938). Lahirnya marxisme merupakan bentuk awal dari penolakan marx terhadap system kapitalis, dimana saat itu marx melihat telah terjadi kesenjangan social yang dipraktekkan oleh masyarakat Eropa yang mana kaum-kaum yang berasal dari bangsawan (borjuis) telah menguasai kawum bawahan (buruh). Saat itu kaum buruh (proletar) dipaksakan untuk bekerja hanya demi segelintir kaum bangsawan. Dengan kata lain, lahirnya Marxisme adalah beranjak dari konteks masyarakat industri Eropa abad ke-19, dengan semua ketidakadilan, eksploitasi manusia khususnya kelas bawah / kelas buruh (proletar).
Di tahun 1848, marx mengambil peran  dalam revolusi perancis yang mengharapkan pada revolusi sosial. Dalam bukunya “Manifesto Komunis” dipresentasikan sebagai analisis sejarah yang mengarah pada pembebasan kasta (tingkatan) dalam sosial masyarakat (class struggle).
Konsep awal yang paling mendasar menurut karl marx adalah segala perubahan yang terjadi dalam sosial masyarakat disebabkan oleh struktur ekonomi pada sosial masyarakat tersebut. Sebuah ekonomi yang unggul dalam masyarakat akan membentuk dan mewarnai seluruh sosial masyarakat.
Ketika Marx, mempresentasikan teori ini, dia hidup dalam masa Revolusi post-Industrialisasi. disitu terdapat sosialisasi industri yang tampak jelas yaitu adanya pergolakan dan pertentangan antar kalangan kelas bawah yang muncul di lingkungan masyarakat tersebut. Orang-orang kelas bawah (the lower class) di masyarakat menginginkan posisi orang-orang kelas atas (the upper class). Sedangkan golongan kelas atas menginginkan posisi yang lebih tinggi lagi berpacu pada pendapatan dan hasil yang lebih tinggi pula.
Marx menentang adanya sistem class struggle yang telah menjamur di masyarakat, dia menginginkan terbentuknya masyarakat yang tidak harus saling bertentangan diantara tingkatan yang ada dalam masyarakat tersebut. Marx lebih fokus dan menekankan pada titik sebab terjadinya penderitaan masyarakat terhadap pembagian tingkatan dan kelas sosial, sedangkan untuk meminimalis tingkatan sosial dan mengeksploitasi antara manusia dengan manusia dibutuhkan sebuah pemikiran yang logis dan sistematis demi terwujudnya sebuah perubahan dalam sosial.
Gagasan dan pemikiran Marx yang paling utama adalah harus mampu memahami asal dasar dan alasan dalam sosial, mampu mengeleminasi serta dapat mengaplikasikannya pada ilmu pengetahuan untuk menyerukan classless society sebagai solusi dari class struggle yang ada dalam masyarakat.
 BAB 2
MARXISME
(Penggagas Teori Sosial-Politik Karl Marx)
A.Latar Belakang Karl Marx Dan Munculnya Marxisme
Karl Marx adalah seoarang Filosof besar abad modern, ia lahir pada tahun 1818 di kota Trier, Prusia (sekarang Jerman). Marx merupakan seorang yang Atheis, ini beranjak dari realitas kehidupan orang tuanya yang berpindah-pindah agama, semula ayahnya adalah penganut Yahudi dan kemudian pindah agama dengan memeluk agama Kristen Protestan.
Bila kita melihat latar belakang Marx, disitu kita bisa menyimpulkan bahwa pemikiran Marx sangat dipengaruhi oleh filsafat Hegel. Ini berawal ketika Marx hijrah ke Berlin dan mulai menekuni pendidikan filsafat. Filsafat di Berlin kala itu sangat dipengaruhi oleh filsafat Hegel, Hegel menjadi Profesor di Berlin pada tahun 1818 dan meninggal pada tahun 1831 M. Dalam filsafat Hegel, Marx menemukan arah pemikirannya yang menjadi senjata intelektualitasnya.
Pada tahun 1841, Marx dipromosikan menjadi Doktor bidang filsafat oleh Universitas Jena berdasarkan sebuah disertasi tentang Demokrasi dan Epikuros.[1] Meski pemikiran Marx sangat dipengaruhi dan terkesan dengan filsafat Hegel, namun ia juga sangat terganggu ketika melihat realitas kehidupan masyarakat Prusia yang sangat jauh dari kehidupan rasional sebagaimana yang dipikirkan oleh Hegel. Marx berkesimpulan bahwa Hegel hanya memberikan rumusan pemikran yang bersifat teoritis tanpa merealisasikan dalam kehidupan masyarakat. Disinilah Marx mengambil peran dalam merealisasikan teoritis menjadi praktis.
Untuk merealisasikan hal tersebut, Marx beranggapan bahwa filsafat harus menjadi kekuatan praktis-revolusioner, dan ini menjadi kenyataan ketika Marx mendalami filsafat Feuerbach dan mengkalaborasikan dengan filsafat Hegel dan kemudian direalisasikan dalam kehidupan masyarakat. Hal ini terus dilakukan Marx untuk mencari solusi dalam mengemansipasi manusia dan pemikirannya semakin tercerahkan ketika ia hijrah ke Paris dan berjumpa dengan para tokoh-tokoh sosialis seperti Proudhon dan Friedrich Engels yang menjadi sahabat karibnya. Akan tetapi perjalanan intelektualnya sudah dimulai jauh sebelum ke Paris, yaitu di Jerman setelah beberapa tahun lulus dari sekolah Gymnasium.
Di Paris, untuk pertama kalinya Marx berhadapan dengan kaum buruh industry dan disana pula ia menjadi seorang sosialisme, artinya ia menerima anggapan sosialisme bahwa segala masalah social terletak pada lembaga hak milik pribadi.[2] Dan disinilah pertama kali paham Marxisme muncul.
Sebelum penulis melangkah lebih jauh tentang Marxisme alangkah baiknya penulis uraikan dulu pengertian Marxisme. Istilah Marxisme  adalah sebutan bagi pembakuan ajaran resmi Karl Marx, terutama yang dilakukann oleh temannya  Friedik Engels (1820-18938) dan oleh tokoh teori marxis Karl Kautsky (1854-1938). Dalam pembakuan ini, ajaran Marx yang sebenarnya sangat ruet dan sulit dimengerti disederhanakan agar cocok sebagai ideology perjuangan kaum buruh. Georg lukacs menegaskan bahwa “Marxisme klasik” adukan Engels dan Kautsky itu menyimpan apa yang sebenarnya dimaksudkan oleh Marx.[3]
Marxisme merupakan aliran yang ditujukan bagi penganut ajaran Karl Marx atau lebih spesifiknya lagi adalah sebuah aliran filsafat yang ditujukan kepada ajaran-ajaran Karl Marx, dan para penganutnya disebut dengan marxis. Aliran atau paham marxisme ini lahir berawal dari suatu pertemuan dari tempat-tempat Karl Marx dalam sejarah perjuangan kelas-kelas, yaitu kelahiran gerakan buruh.[4]
Lahirnya marxisme merupakan bentuk awal dari penolakan marx terhadap system kapitalis, dimana saat itu marx melihat telah terjadi kesenjangan social yang dipraktekkan oleh masyarakat Eropa yang mana kaum-kaum yang berasal dari bangsawan (borjuis) telah menguasai kawum bawahan (buruh). Saat itu kaum buruh (proletar) dipaksakan untuk bekerja hanya demi segelintir kaum bangsawan. Dengan kata lain, lahirnya Marxisme adalah beranjak dari konteks masyarakat industri Eropa abad ke-19, dengan semua ketidakadilan, eksploitasi manusia khususnya kelas bawah / kelas buruh. Menurut pandangan Marx, kondisi-kondisi dan kemungkinan-kemungkinan teknis sudah berkembang dan merubah proses produksi industrial, tetapi struktur organisasi proses produksi dan struktur masyarakat masih bertahan pada tingkat lama yang ditentukan oleh kepentingan-kepentingan kelas atas. Jadi, banyak orang yang dibutuhkan untuk bekerja, tetapi hanya sedikit yang mengemudikan proses produksi dan mendapat keuntungan. Karena maksud kerja manusia yang sebenarnya adalah menguasai alam sendiri dan merealisasikan cita-cita dirinya sendiri, sehingga terjadi keterasingan manusia dari harkatnya dan dari buah/hasil kerjanya. Karena keterasingan manusia dari hasi kerjanya terjadi dalam jumlah besar maka untuk memecahkannya juga harus bersifat kolektif dan global.
Marxisme, dalam batas-batas tertentu bisa dipandang sebagai jembatan antara revolusi Prancis dan revolusi Bolshevik di Rusia pada tahun 1917. Untuk memahami Marxisme sebagai satu ajaran filsafat dan doktrin revolusioner, serta kaitannya dengan gerakan komunisme di Uni Soviet maupun di bagian belahan dunia lainnya, barangkali perlu mengetahui terlebih dahulu kerangka histories Marxisme itu sendiri.
Berbicara masalah Marxisme, memang tidak bisa lepas dari nama-nama tokoh seperti Karl Marx (1818-1883) dan Friedrich Engels (1820-1895). Kedua tokoh inilah yang mulai mengembangkan akar-akar komunisme dalam pengertiannya yang sekarang ini. Transisi dari kondisi masyarakat agraris ke arah industrialisasi menjadi landasan kedua tokoh diatas dalam mengembangkan pemikirannya. Dimana eropa barat telah menjadai pusat ekonomi dunia, dan adanya kenyataan di mana Inggris Raya berhasil menciptakan model perkembangan ekonomi dan demokrasi politik.
Ada tiga hal yang bisa menjadi komponen dasar dari Marxisme, yaitu:
  1. Ajaran filsafat Marx yang disebut dengan materialism dialektika dan materialism historis
2. Sikap terhadap masyarakat kapitalis yang bertumpu pada teori nilai tenaga kerja     dari David Ricardo (1772) dan Adam Smith (1723-1790)
3. menyangkut teori negara dan teori revolusi yang dikembangkan atas dasar konsep perjuangan kelas. Konsep ini dipandang mampu membawa masyarakat ke arah komunitas kelas.
Untuk poen pertama yang disebut sebagai materialisme dialektik, dan  materialisme historis. Disebut sebagi materialism dialektik karena peristiwa kehidupan yang didominasi oleh keadaan ekonomis yang materil itu berjalan melalui proses dialektik. Menurut metode tersebut, perubahan-perubahan dalam pemikiran, sifat dan bahkan perubahan masyarakat itu sendiri berlangsung melalui tiga tahap, yaitu tesis (affirmation), antitesis (negation), dan sintesisis (unification). Mula-mula manusia hidup dalam keadaan komunistis aslis tanpa pertentangan kelas, dimana alat-alat produksi menjadi milik bersama (tesis), kemudian timbul milik pribadi yang menyebabkan adanya kelas pemilik (kaum kapitalis) dan kelas tanpa milik (kaum proletar) yang selalu bertentangan (anti tesis). Jurang perbedaan antara kaum kaya (kapitalis) dan kaum miskin (proletar) semakin dalam, maka timbullah krisis yang besar. Akhirnya kaum proletar bersatu mengadakan revolusi perebutan kekuasaan, maka timbullah dictator proletariat dan terwujudlah masyarakat tanpa kelas dimana alat-alat produksi menjadi milik masyarakat atau Negara (sintesis).[5]
Adapun Marxisme disebut materialism historis, karna menurut teorinya bahwa arah yang ditempuh sejarah sepenuhnya ditentukan oleh sarana-sarana produksi yang materil. Disinai Marx berkeyakinan bahwa seluruh sejarah manusia akan menuju kesuatu keadaan ekonomis tertentu yaitu komunisme, dimana milik pribadi akan diganti menjadi milik bersama dan barulah kebahagiaan bangsa manusia akan tercapai. Dengan kata lain bahwa perjuangan kelas yang dilakukan Marx secara muthlak untuk mencapai masyarakat komunis.
B. Teori kelas Karl Marx
Teori Kelas Marx adalah perpaduan dari berbagai konsep sosial yang berhubungan dengan studi Marxisme. Hal ini menegaskan bahwa posisi individu dalam hirarki kelas ditentukan oleh perannya dalam proses produksi, dan berpendapat bahwa kesadaran politik dan ideologi ditentukan oleh posisi kelas (Parkin).
Tentang istilah teori kelas, sebenarnya Marx tidak memberikan sebuah perincian yang riil, akan tetapi ia lebih kepada menyelaraskan konsep kelas social terhadap emansipasi manusia yang individual. Bisa jadi Marx menganggap bahwa istilah itu mudah dipahami dan jelas dengan melihat istilahnya. Pengertian yang sering dijadikan acuan dalam mendefinisikan kelas social adalah definisi dari lenin. Lenin mendefinisi kelas sebagai golongan sosial dalam sebuah tatanan masyarakat yag ditentukan oleh posisi tertentu dalam proses produksi. Akan tetapi, Marx menguraikan kelas-kelas tersebut yang bisa dianggap sebagai kelas yang sebenarnya apabila kelas itu bukan hanya sebagai objektif merupakan golongan social dengan kepentingannya sendiri, melainkan juga secara objektif menyadari dirinya sebagai kelas, sebagai golongan khusus dalam masyarakat yang mempunyai kepentingan-kepentingan spesifik dan mau memperjuangkannya. Kesadaran subjektif tersebut akan tampak ketika kesenjangan antar kelas semakin besar, sehingga hanya ada dua kelas yang saling berhadapan dan bermusuhan, yaitu kelas borjuis dan proletar, setelah tersingkirnya kelas menengah yang tergusur masuk kelas bawah tempat kaum buruh dan petani upah (proletar) berada.[6]
Pemikiran Marx tentang teori kelas ini sebenarnya adalah adopsi dari pemikiran Hegel, atau setidaknya dipengaruhi oleh Hegelianisme ketika berada di Berlin. Pada saat Marx duduk di bangku kuliah, dia mempelajari tentang kemanusiaan serta filsafat dan hukum-Hegelianisme yang sedang Berjaya kala itu. Salah satu pandangan Hegel yang mempengaruhi Marx adalah konsep tentang bangsa/negara. Pandangan Marx tentang kelas juga berasal dari serangkaian kepentingan pribadi yang berkaitan dengan alienasi sosial dan perjuangan manusia, dimana pembentukan struktur kelas berkaitan dengan kesadaran sejarah akut. Masalah Politik-ekonomi juga memberikan kontribusi terhadap teori Marx ini, berpusat di sekitar konsep “asal laba” di mana masyarakat dibagi menjadi tiga sub-kelompok, yaitu rente (para tuan tanah), Kapitalis (pemilik modal), dan Pekerja (buruh).
C. Pandangan Marx Tentang Negara
Marxisme bukan merupakan suatu filsafat baru (menurut Marx, filsafat hanya sibuk menginterpretasi sejarah dan kenyataan), tetapi bermaksud menganti filsafat (dengan tujuan mengubah sejarah dan kenyataan). Friedrich Engels dan Karl Marx pada Tahun 1847 mendeklarasikan suatu “manifesto Komunis” di mana sistem kapitalisme dilawan tanpa kompromis. Kaum tertindas, terutama proletariat (kaum buruh) harus diperdayakan, dan mereka yang harus menjadi subjek sejarah secara revolusioner untuk mengubah sistem masyarakat menjadi suatu masyarakat yang adil, tanpa kelas (classless society),  bahkan tanpa negara (sosialisme/komunisme). Kekayaan dan sarana-sarana produksi harus dimiliki bukan oleh suatu minoritas / kelas atas secara pribadi, tetapi oleh bangsa secara kolektif. Setiap individu disini memperoleh bagiannya tidak lagi berdasarkan status sosialnya, kapitalnya atau jasanya, tetapi berdasarkan kebutuhannya.
Pada awlnya, Marx menginginkan bahwa suatu pemerintahan harus dijalankan oleh rakyat dan untuk rakyat, dan tidak boleh dibiarkan berada ditangan birokrasi yang posisinya lebih tinggi dari masyarakat. Namun ia segera meninggalkan pendirian ini  dan mulai berpendapat bahwa Negara dan birokrasinya tidaklah benar-benar  berada diatas masyarakat. Dalam masyarakat berkelas, Negara dalam pandangan Marx adalah alat dari kelas yang berkuasa, kendati terkesan bahwa Negara sebagai semacam penengah yang netral diantara berbagai  kepentingan yang saling bersaing.[7] Pandangan Marx ini berasumsi dari masyarakat kapitalis yang mengfungsikan Negara sebagai alat kelas pemilik modal.
Dalam krisis tertentu yang diciptakan oleh masyarakat kapitalis, dimasa mendatang, situasinya akan semakin parah sehingga kaum buruh akan mampu memenuhi kebutuhannya dengan cara menghancurkan Negara kapitalis itu sendiri yang intinya akan mewujudkan masyarakat tanpa kelas, dengan kata lain Negara kapitalis akan diganti dengan Negara komunis.
D. Sosialisme dan Kritik Terhadap Kapitalis
Sosialisme, secara sederhana adalah sebuah sistem organisasi sosial dimana harta benda dan pemasukan/pendapatan menjadi obyek dari kontrol sosial. Ini juga bisa dipahami sebagai sebuah gerakan politik yang bertujuan menempatkan sistem dalam kehidupan praksis. Kontrol sosial diatas memang dipahami secara luas dan berbagai kepentingan. Marxisme-sebagai sebuah ideologi dan teori sosial ekonomi yang dikembangkan oleh Karl Marx dan Friedrich Engels. Dan mereka memandang sosialisme sendiri sebagai sebuah transisi perubahan dari kapitalisme menuju  komunisme.
Marx yang merupakan tokoh terpenting dalam sosialisme selalu menyerukan sebuah revolusi untuk menggulingkan kapitalisme. Disinilah yang membedakan antara Marx dengan para pemikir sosialis lainnya, kalau tokoh sosialis lain mengajarkan bagaimana memahami dunia atau realita, maka Marx menawarkan sosialisme yang bersifat analisis ilmiah terhadap perkembangan sejarah yang meniscayakan akan kehancuran kapitalisme menuju sosialisme, dimana perubahan atau perkembangan sejarah tersebut berdasarkan penelitian syarat-syarat objektif perkembangan masyarakat.[8]
Kelebihan Marx adalah bahwa ia tiba-tiba menghasilkan perubahan kualitatif dalam sejarah pemikiran sosial Dia menafsirkan sejarah, memahami dinamika, memprediksi masa depan, tetapi di samping memperkirakan itu, ia menyatakan sebuah konsep revolusioner: dunia seharusnya tidak hanya ditafsirkan, tapi harus diubah.
Mengenai kapitalisme, Marx memandang bahwa kapitalisme telah mengakhiri ketidakadilan dan irrasionalitas feodal dan telah menggantikannya dengan ketidakadilan dan irrasionalitasnya sendiri.
Kapitalisme telah mengembangkan industry, yang mampu membangun komunisme dengan landasan industry industry itu sendiri. Jadi, sosialisme telah mengambil agenda sejarah bukan berkat kaum intelektual ataupun para buruh idealistik, namun berkat kapitalisme itu sendiri. Disisni, Marx bukanlah orang pertama yang mengkritik kapitalisme, namun dialah orang pertama yang melakukan itu tidak dari sudut pandang feodal (seperti Burke), dan tidak juga dari sudut pandang utopian (seperti para sosialis Perancis awal). Marx adalah orang pertama yang melahirkan filsafat social yang dirancang untuk membuka kemungkinan bagi sosialisme untuk tampil dalam perkembangan sejarah yang nyata.[9]
Klaim Marx bahwa sosialismenya adalah sosialisme ilmiah, bahwa kehancuran kapitalisme dan terwujudnya sosialisme bukan sekedar tujuan moral-politik para penentang kapitalisme, melainkan merupakan hukum sejarah yang harus dibuktikan dengan memperlihatkan bahwa kapitalisme, berdasarkan dinamika ekonomisnya dengan sendiri akan menuju kehancura.[10] Dengan kata lain, pandangan Marx tersebut merepresentasikan bahwa kehancuran kapitalisme menuju sosialisme adalah suatu keniscayaan yang tak bisa dielakkan.
E. Marxisme dan Lahirnya Komunisme Internasional
Marxisme merupakan sebuah aliran yang berlandaskan pada pemikiran dan ajaran Karl Marx dalam konteks sosial, politik, system ekonomi dan Negara. Konteks-konteks tersebut merupakan sebuah perjalanan pemikiran Marx dalam mengemansipasi manusia. Dimasa itu, umat manusia telah terpilah-pilah dimana sebahgian masyarakat menguasai sebahgian lainnya, yaitu kaum kapitalis (borjuis) yang merasa dirinya sebagai raja telah menindas saudara sebangsanya yang lemah (proletar). Disini Marx seolah-olah merasa terpanggil untuk memihak kepada kaum proletar dan melakukan semacam perlawanan terhadap system kapitalis-borjuis, sehingga memungkinkan sebuah revolusi emansipasi manusia atau hidup dalam bermasyarakt tanpa ada perbedaan dan pertentangan. Dan disinilah sosialisme mengambil perannya sebagi ganti dari system kapitalis. Sosialisme yang digembor-gemborkan Marx terbentuk dari Prancis dan Iggris. Kenapa demikian karna di dua Negara itulah industrialisasi secara modern pertama kali terbentuk, sehingga memunculkan kaum buruh industry yang dimanfaatkan.
Dengan demikian, lambat laun akan memungkinkan lahirnya revolusi dari kalangan kaum buruh industry, dan ini semakin nampak ketika Marx muncul dengan membawa segenap pemikiran yang berhaluan sosialisme-komunisme yang kemudian ajaran-ajaran dan pemikiran Marx dimaklumatkan dalam marxisme. Dengan kata lain bahwa marxisme berawal dari tulisan-tulisan dan ajaran Karl Marx. Dalam arti luas, Marxisme berarti paham yang mengikuti pandangan-pandangan dari Karl Marx. Pandangan-pandangan ini mencakup ajaran Marx mengenai materialisme dialektis dan materialisme historis serta penerapannya dalam kehidupan sosial.
Ajaran sosialisme yang ditawar oleh Marx sebenarnya akan mengarah kepada paham komunisme. Dengan ajaran sosialismenya, Marx menghapus masyarakat kapitalis  dengan merekomandasikan masyarakat komunis. Langkah-langkah atau perjuangan yang diambil Marx untuk menuju masyarakat komunis, sebagaimana yang termaktub dalam Manifesto komunis[11] antara lain adalah:
  1. Penghapusan pemilikan tanah dan pemberlakuan semua pajak untuk kepentingan umum;
  2. Pajak pendapatan yang progresif dan dikelompokkan menurut kelas-kelas;
  3. Penghapusan semua hak waris;
  4. Perampasan semua harta milik semua emigrant dan pemborontak;
  5. Sentralisasi kredit ditangan negara melalui Bank Nasional;
  6. Sentralisasi alat-alat komunikasi dan tranportasi ditangan Negara;
  7. Perluasan pabrik-pabrik dan alat produksi yang dimilik Negara: mengolah lahan tidur dan memperbaiki keadaan tanah menurut rencana umum;
  8. Kewajiban bagi semua orang untuk bekerja dan pembangunan sarana-sarana industry, khususnya untuk pertanian;
  9. Penggabungan pertanian dan industry, penghapusan secara bertahap perbedaan antara kota dan desa melalui penyebaran penduduk yang lebih seimbang kedesa; dan
  10. Pendidikan gratis bagi semua anak di sekolah-sekolah umum dan penghapusan pekerja anak yang ada sekarang.
Reformasi sosial ala Karl Marx tersebut kemudian menjadi bagian dari praktik demokrasi, seperti pajak pendapatan yang dikelompokkan dan pendidikan umum yag diterapkan dinegara-negara demokratis  dengan cara yang damai.
Dengan demikian, sosialisme yang di klaim sebagai sosialisme ilmiah hanyalah menjelaskan bagaimana proses menuju terbentuknya sosialisme dan akhirnya menuju komunisme itu terjadi sebagai analisis ilmiah terhadap hukum perkembangan masyarakat.[12]
Dalam perkembangan komunis selanjutnya, yaitu komunis internasional, bahwa ajaran dan ideologinya sangat dipengaruhi oleh Lenin dan menjadi bagian dari Marxisme-Leninisme, Leninisme dengan demikian menjadi unsur kunci dalam ideologis Komunisme diseluruh dunia, dan melalui Lenin pula Komunisme menjadi salah satu kekuatan politik abad ke-20 yang paling ditakuti.[13]
Sejarah revolusi yang dilancarkan oleh kaum proletar terhadap kapitalis, tak bisa dimanipulasikan lagi bahwa Marx-lah yang menjadi tokoh atau dalang utamanya, karna berkat pemikirannya, kaum proletar telah menemukan arah terjangnya untuk menggulingkan kapitalisme. Dan satu hal lagi yang perlu di ingat bahwa Marx memang memikirkan langkah-langkah penghancuran kapitalisme dalam revolusi sosial akan tetapi Lenin-lah yang mempersiapkan strategi dalam mewujudkan revolusi sosial itu. Berkat Lenin pula, nama Marx dan Marxisme dikenal diseluruh dunia baik oleh akademisi maupun politisi.


BAB 3
PENUTUP
A. Kesimpula
Marxisme merupakan suatu paham yang mengikuti pandangan-pandangan Karl Marx. Karl Marx adalah seorang filsuf besar berkebangsaan Prusia (sekarang Jerman). Ia merupakan salah seorang pakar dalam bidang saejarah,filsafat, sosial-politik dan ekonomi. Semasa hayatnya, Marx telah banyak menulis dan menghasilkan karangan-karangan yang spektakuler separti “Manifesto Komunis” yang telah mampu mempengaruhi hampir sepertiga umat manusia. Ia sangat terkenal atas analisisnya terhadap sejarah dan social-politik terutama mengenai pertentangan kelas, disini namanya telah mencuak bagaikan seorang pahlawan yang telah membawa perubahan bagi para kaum tertindas (buruh).
Pemikiran Marx dan usahanya dalam mengembalikan jati diri kaum buruh (proletar) dikenal dengan Marxisme. Marxisme merupakan bentuk protes Marx terhadap paham kapitalisme. Ia menganggap bahwa kaum kapital mengumpulkan uang dengan mengorbankan kaum proletar. Kondisi kaum proletar sangat menyedihkan karena dipaksa bekerja dengan upah yang sangat minim, sementara hasil keringat mereka dinikmati oleh kaum kapitalis. Banyak kaum proletar yang harus hidup di daerah pinggiran dengan serba kekurangan. Marx berpendapat bahwa masalah ini timbul karena adanya “kepemilikan pribadi” dan “penguasaan kekayaan yang didominasi orang-orang kaya”. Untuk mensejahterakan kaum proletar, Marx berpendapat bahwa paham kapitalisme harus diganti dengan paham komunisme.
Dasar-dasar dari Marxisme itu sendiri adalah pemberontakan dari kaum proletar dalam menuntut keadilan demi persamaan, dan Karl Marx adalah juru kunci yang menjadi pahlawan bagi kaum proletar. Marxisme dirintis pada pertengahan abad ke-19 oleh dua tokoh filsuf Jerman yaitu Karl Marx dan Friedrich Engels. Marxisme mencakup teori ekonomi Marxis, teori social dan politik. Ajaran marxisme ini telah mampu mempengaruhi gerakan sosial-politik di seluruh dunia.
Mengambil gagasan bahwa perubahan sosial terjadi karena perjuangan antara berbagai kelas-kelas dalam masyarakat yang berada di bawah kontradiksi satu terhadap yang lain, para analisis Marxis mengambil sebuah kesimpulan bahwa kapitalisme mengarah ke penindasan terhadap kaum proletar dan hasilnya tak terelakkan menjadi revolusi proletar atau revolusi sosial.
Marxisme memandang munculnya sistem sosialis sebagai sebuah keniscayaan historis yang timbul dari kapitalisme yang memungkinkan lahirnya sebuah revolusi sosial, dimana milik pribadi dalam sarana produksi akan digantikan oleh operasi kepemilikan bersama.
Intinya, sosialisme akan memberi jalan kepada panggung sejarah komunis, sebuah sistem tanpa kelas berdasarkan kepemilikan umum dan gratis-akses dan kebebasan maksimal bagi setiap individu untuk mengembangkan bakat dan kapasitas mereka sendiri. Dengan kata lain bahwa system kapitalis tidak lagi menjadi milik sebahgian masyarakat melainkan oleh Negara.

0 komentar:

Posting Komentar

Download Buletin

Populer Post

 
Hak Cipta : Komite Pusat - Gerakan Perjuangan Mahasiswa Demokratik SGMK Kota Parepare | ' | AR. Ame' FB
Copyright © 2013. Gerakan Perjuangan Mahasiswa Demokratik Parepare - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by RED LEFT